Pengertian Arkeologi, Tujuan dan Contohnya

Home / Pendidikan / Pengertian Arkeologi, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Arkeologi, Tujuan dan Contohnya

Arkeologi adalah bidang penelitian sistematis untuk benda-benda kuno sebagai alat untuk rekonstruksi masa lalu. Orang yang belajar atau bekerja di arkeologi disebut arkeolog. Arkeologi terkait erat dengan sejarah budaya material. Di masa lalu, arkeologi disebut sebagai ilmu budaya manusia melalui studi data sistematis. Tinjauan sistematis mencakup penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi artefak.

Arkeologi berasal dari bahasa Yunani, archaeo berarti “tua” dan logo berarti “sains”. Nama alternatif untuk arkeologi adalah studi sejarah budaya material. Arkeologi menurut bukupedia.co.id adalah studi tentang budaya manusia di masa lalu melalui tinjauan sistematis terhadap data material yang ditinggalkan.

Tinjauan sistematis yang mencakup penelitian, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data dalam bentuk artefak budaya material seperti kapak batu, bangunan candi, dan objek lingkungan yang ramah lingkungan seperti batu, tanah halus, dan fosil dan artefak yang tidak dapat dihapus dari situs arkeologi.

Tujuan Arkeologi

Telah ada perdebatan panjang tentang tujuan arkeologi, misalnya paradigma arkeologi, sejarah budaya, memahami proses perubahan budaya dan memahami perilaku manusia. Arkeologi diklasifikasikan sebagai humanistik karena bertujuan memahami budaya manusia.

Namun, banyak instrumen ilmiah seperti antropologi, sejarah, geografi, geologi, bioantropologi, paleoantropologi, arsitektur, metalurgi, fisika dan filologi digunakan. Arkeologi secara khusus membahas budaya masa lalu, prasejarah, dan sejarah. Arkeologi juga berurusan dengan budaya selama periode ini, misalnya dengan studi budaya material modern.

Arkeologi sangat bergantung pada masa lalu, sehingga objek prasejarah seperti sumber data harus dilestarikan. Maka ia mengembangkan disiplin ilmu lain, yaitu pengelolaan sumber daya arkeologis atau pengelolaan sumber daya budaya.

Contoh Arkeologi

Contoh budaya bahan arkeologis adalah kapak dan kuil batu. Jadi contoh faktor lingkungan seperti bumi, batu dan fosil. Contoh fitur arkeologis adalah artefak yang tidak dapat dihapus dari situs arkeologi. Teknik penelitian seperti penggalian arkeologis dan penyelidikan umum kemudian dilakukan.

Arkeologi saat ini mencakup banyak bidang terkait, seperti penemuan mayat yang menarik para ahli dari berbagai daerah untuk menyelidiki jenis bahan pakaian yang digunakan, bentuk keramik dan distribusinya. Keyakinan bahwa ahli kimia tubuh dimakamkan dapat menentukan usia penggalian dalam beberapa cara. Metode pengukuran untuk ahli genetika karbon yang ingin belajar tentang pergerakan studi tentang migrasi manusia purba melalui DNA.

Sekian artikel tentang Pengertian Arkeologi, Tujuan dan Contohnya semoga bermanfaat.