5 Biji Buah yang Bisa Dikonsumsi, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Home / Kesehatan / 5 Biji Buah yang Bisa Dikonsumsi, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

5 Biji Buah yang Bisa Dikonsumsi, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

5 Biji Buah yang Bisa Dikonsumsi, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk tetap sehat. Buah, termasuk pemasok makanan sehat dan alami.

Ketika Anda makan buah, kebanyakan orang sering membuang biji. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa biji buah ini beracun dan tidak bisa dimakan.

Meskipun beberapa buah memiliki biji yang bisa dimakan. Ketika diproses dengan benar, biji buah ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Biji ini mengandung mineral dan vitamin sehat. Jadi jangan mengabaikan manfaat dari biji ini.

Pemrosesannya juga cukup sederhana dan rasanya tidak kalah enak dari buahnya. Selama Anda tahu caranya, biji buah sangat bermanfaat.

1. Biji durian

Durian dikenal sebagai buah dengan aroma dan rasa yang kuat. Selain ampas, biji durian juga memiliki kelebihan saat dimakan.

Warna biji durian biasanya antara coklat muda dan kemerahan. Namun, penting untuk dicatat bahwa biji durian harus dimasak sebelum dimakan. Ini karena biji durian mentah bisa beracun.

Biji durian yang dimasak mengandung nutrisi sehat seperti serat, seng, kalsium, dan karbohidrat. Kandungan pati dalam biji durian juga cukup tinggi dan dapat menggantikan sumber karbohidrat.

Kandungan serat dalam biji durian juga mendukung pencernaan yang sehat, mencegah sembelit dan merupakan sumber prebiotik untuk usus. Kalsium dan seng dalam biji durian juga bisa memberi makan tulang dan gigi.

2. Biji nangka
Jangan buang biji nangka, banyak manfaatnya bagi kesehatan
Mirip dengan biji durian, biji nangka juga memiliki manfaat kesehatan saat dimakan. Biji nangka mengandung dua vitamin B konsentrasi tinggi: tiamin dan riboflavin. Keduanya merangsang tubuh dan melakukan fungsi penting lainnya dalam tubuh.

Selain itu, biji nangka menawarkan serat dan pati tahan yang menembus tubuh tanpa dicerna dan berfungsi sebagai makanan bagi bakteri usus.

Serat dan pati resisten dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat, termasuk kontrol rasa lapar, gula darah berkurang, peningkatan pencernaan, dan sensitivitas insulin.

Biji nangka tidak boleh dimakan mentah karena kandungan antinutriennya. Memasak atau membuat kue adalah cara termudah untuk mengonsumsi biji ini.

3. Biji mangga
Biji mangga sering dibuang begitu saja. Namun, ternyata biji buah ini dapat bermanfaat dalam pengolahan dan konsumsi. Biji mangga umumnya berwarna putih, berserat, kasar, dan mengandung biji di dalamnya.

Biji mangga mengandung minyak, protein, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium dan kalsium. Biji mangga yang diproses dan diekstraksi juga mengandung senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan.

Perlu diingat bahwa biji mangga hanya dapat dikonsumsi ketika sudah matang dan metode pengolahannya telah diubah menjadi bubuk, mentega atau minyak.

Biji mangga yang diproses bertindak melawan diabetes, mencegah peradangan, menyembuhkan diare, menurunkan berat badan, merawat kulit dan rambut, mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Anggur
Tidak hanya buah-buahan, tetapi juga biji anggur memiliki beragam manfaat kesehatan. Biji anggur juga dianggap obat tradisional dan menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh. Biji anggur dikonsumsi dalam bentuk ekstrak.

Ekstrak biji anggur adalah suplemen nutrisi yang dibuat dengan membersihkan, mengeringkan, dan melumatkan biji anggur dengan rasa pahit. Biji anggur kaya akan antioksidan termasuk asam fenolik, antosianin, flavonoid dan oligomer proanthocyanidin (OPC) kompleks.

Telah terbukti secara klinis bahwa ekstrak biji anggur menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah radikal bebas, memperkuat tulang, otak yang sehat, ginjal dan hati.

Baca Juga :