Berbagai pilihan sumber vitamin D untuk ibu menyusui

Home / Kesehatan / Berbagai pilihan sumber vitamin D untuk ibu menyusui

Berbagai pilihan sumber vitamin D untuk ibu menyusui

Sekalipun anak Anda sedang menyusui, bukan halangan bagi ibu untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya secara optimal. Vitamin D, misalnya, sebagai salah satu nutrisi yang tidak boleh luput dari perhatian. Apa manfaat vitamin D untuk ibu menyusui? Dan apa sumber terbaik? Cari tahu lebih lanjut melalui ulasan di bawah ini, ya!

Seberapa pentingkah vitamin D bagi ibu menyusui?
Vitamin D termasuk dalam kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang membutuhkan lemak sebagai pelarut. Sama seperti jenis vitamin lainnya, asupan vitamin D yang memadai tentu saja membawa segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Tidak ada pengecualian untuk ibu menyusui yang kebutuhan gizinya harus dipenuhi dengan benar, termasuk masalah vitamin D. Dipercaya bahwa vitamin ini baik untuk membantu mencegah penyakit. Ambil flu, misalnya, yang sangat rentan bersembunyi dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa vitamin D juga dapat membantu memulihkan depresi. Terutama bagi ibu menyusui yang sering menderita depresi postpartum (postpartum depression). Vitamin D nantinya akan berperan sebagai faktor dalam mengatur suasana hati, sekaligus mengurangi kemungkinan kecemasan berlebihan.

Bukan tanpa alasan. Alasannya, menurut National Institute of Mental Health, bahwa sekitar 15 persen ibu menderita depresi setelah melahirkan. Secara tidak langsung, hal itu tentu saja dapat memengaruhi proses rutin menyusui bayi.

Berbagai pilihan sumber vitamin D untuk ibu menyusui

Mengingat peran vitamin D untuk ibu menyusui belum sepele seperti yang terlihat, tentu saja Anda harus berhati-hati memilih makanan sehari-hari. Berikut adalah berbagai pilihan sumber vitamin D untuk mendukung kesehatan ibu menyusui:

1. Sinar matahari
manfaat sinar matahari
Vitamin D adalah jenis vitamin yang unik karena tidak dapat diperoleh hanya dari sumber makanan sehari-hari. Tubuh setiap orang sebenarnya bisa menghasilkan vitamin D sendiri. Namun, proses ini harus dibantu oleh sinar matahari.

Ya, sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk ibu menyusui. Itu sebabnya tidak ada salahnya menghabiskan sekitar 5-10 menit untuk “bertemu” di bawah sinar matahari langsung.

Agar panasnya tidak terlalu menindas, Anda bisa melakukannya di pagi atau sore hari.

2. Ikan
masak salmon
Rupanya beberapa jenis ikan mengandung sejumlah vitamin D tertentu yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu menyusui. Misalnya salmon dan sarden.

Minyak ikan dari ikan cod juga berperan sebagai sumber vitamin D. Vitamin D ditunjukkan dengan adanya sekitar 9-17 mcg vitamin D dalam 100 gram (gr) salmon dan 6,8 mcg vitamin D dalam 100 gram ikan sarden.

3. Jamur
diet jamur
Pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan ibu menyusui untuk makan berbagai makanan. Ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro pada ibu menyusui, salah satunya adalah vitamin D.

Karena tidak menutup kemungkinan, bahkan pengurangan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu akan mempengaruhi kualitas ASInya. Selain sinar matahari dan ikan, Anda juga bisa mengganggu pemenuhan vitamin D dari jamur.

Seperti halnya manusia, jamur juga memiliki kemampuan mengubah paparan sinar matahari menjadi vitamin D. Ada berbagai jenis jamur yang bisa menjadi pilihan bagi ibu menyusui. Diantaranya jamur shitake, jamur tiram, jamur, jamur dan lainnya.

Jenis yang berbeda, tentu saja, juga berbeda dalam jumlah kandungan vitamin D di dalamnya.

4. Produk susu
minum susu saat fajar
Tidak hanya susu, tetapi berbagai produk susu seperti yogurt dan keju juga cukup kaya akan vitamin D. Selain itu, susu dan produk olahannya biasanya juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya untuk ibu menyusui.

Termasuk vitamin B, kalsium, fosfor dan protein. Susu dan produk olahannya dapat berkontribusi sekitar 3,25 per 237 mililiter (ml).

5. Telur
makan telurnya
Pilihan makanan lain yang tak kalah bagus untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui dengan vitamin D, yaitu telur. Ini karena 100 gram telur dapat mengandung sekitar 2,2 mcg vitamin D.

Tidak semuanya. Dengan data Kementerian Kesehatan Indonesia tentang komposisi makanan, 100 gram telur ayam mentah diisi dengan segudang nutrisi. Mulai dari 0,7 gram karbohidrat, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak, 86 mg kalsium, 258 mg fosfor, 3 mg besi dan berbagai .

Baca artikel lainnya :