Menu buka puasa yang sehat dan tahan lama

Home / Gaya Hidup / Menu buka puasa yang sehat dan tahan lama

Menu buka puasa yang sehat dan tahan lama

Di awal puasa, Anda masih dapat memiliki segudang ide untuk menu makan sahur dan berbuka puasa. Saat Ramadhan berlangsung, Anda bingung tentang apa lagi yang harus dimasak. Bahkan jika bingung, jangan langsung menyerah di restoran “cepat saji”. Lihat saja beberapa inspirasi untuk menu puasa dan sahur untuk minggu depan.
Meski makannya hanya dua kali sehari, menu tersebut tetap tidak boleh diabaikan

Makanan yang hanya dua, pagi dan larut malam dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan berat badan. Namun, ini jelas tergantung pada seberapa sehat menu puasa dan sahur Anda setiap hari. Asupan makanan yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan selama bulan puasa.

Menu buka puasa yang sehat dan tahan lama

Jika Anda tidak memperhatikan, makanan yang dikonsumsi saat Anda berbuka dan sahur benar-benar dapat menyebabkan peningkatan berat badan secara eksponensial. Ingat, dua hal yang perlu Anda perhatikan adalah disiplin dan pengendalian diri. Jika dua hal ini dilakukan dengan benar, tidak ada lagi kenaikan berat badan karena puasa.

Untuk mengontrol asupan makanan, menerapkan diet gizi seimbang dengan proporsi karbohidrat, lemak, dan protein yang tepat. Saat puasa istirahat, konsumsilah makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Hindari makan gila saat berbuka puasa dan jangan langsung tidur setelah makan. Berikan istirahat sekitar 2-3 jam setelah makan agar tubuh dapat mencerna dengan baik.

Saat berada di sahur, tingkatkan asupan serat dan protein untuk membantu Anda mengisi diri lebih lama sehingga Anda tidak cepat lapar saat puasa.

Usahakan selalu membawa buah dan sayuran setiap hari dan memilih menu makanan dengan minyak, gula, dan garam yang relatif sedikit. Agar lebih sehat, hindari memasak dengan menggoreng. Makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang adalah makanan terbaik.
Menu inspirasi untuk istirahat cepat dan sahur selama seminggu

Menu sahur

Berikut adalah beberapa pilihan menu untuk berbuka puasa dan subuh selama seminggu yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk memasak:
Hari pertama

Sahur: dada ayam panggang, kentang tumbuk, brokoli, kacang dan wortel
Buka puasa: air infus, beras merah, tumis tempe cabe hijau, urap, sayur labu

Hari ke-2

Sahur: telur rebus ditambah keju parut dan brokoli, semangkuk buah
Buka puasa: es kelapa, beras merah, tahu kacang panjang, ikan pipa, kacang persiapan

Hari ke-3

Sahur: oatmeal plus yogurt dan kurma, semangkuk buah
Iftar: dibuat tanpa santan, beras merah, bayam, tahu dengan paprika, saus sambal

Hari ke 4

Sahur: roti gandum panggang dengan telur dadar dan alpukat
Buka puasa: smoothie, beras merah, kangkung, kue, balada tertusuk

Hari ke 5

Sahur: sereal berbahan dasar susu dan semangkuk buah
Berbuka puasa: es krim buah sehat, beras merah, pepes ikan, kacang panjang, tahu tempe atau bacem

Hari ke 6

Sahur: Semangkuk salad sayuran (isi dengan selada, tomat, bawang, kol ungu / normal, sisir jagung, jus lemon, minyak zaitun) dan telur orak-arik.
Buka puasa: bubur kacang hijau, nasi merah, bakso ayam tumis, ikan pindang asam manis, kue

Hari ke 7

Sahur: jagung rebus ukuran sedang, telur rebus, buah
Buka puasa: puding buah, nasi merah, tumis bayam dan jagung, dada ayam panggang, bacem tempem

Ada banyak pilihan untuk berbuka puasa dan sahur selama minggu lainnya. Anda dapat mengulangi menu di atas atau menggantinya berdasarkan kreativitas Anda. Intinya, agar berat badan Anda terkontrol dan kesehatan Anda terjaga selama bulan puasa, penting bagi Anda memperhatikan konsumsi makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa atau saat subuh.

Baca juga: